Dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization)

Dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization)




Internet telah menjadi sarana promosi efektif. Berjuta-juta website dan blog telah hadir dengan beragam konten. Bisa jadi salah satunya adalah website atau blog Anda. Untuk menjaring pengunjung, diperlukan upaya untuk mengoptimalkan performa situs di search engine dengan teknik-teknik SEO. Mengapa begitu penting mengoptimalkan performa situs di search engine ? Hal ini dikarenakan search engine lah yang umumnya menjadi penyumbang pengunjung baru terbesar di sebuah situs yang belum dikenal publik.

Apa itu Search Engine Optimization (SEO) 
SEO (Search Engine Optimization) adalah sebuah upaya mempopulerkan situs secara gratis dengan menggunakan teknik-teknik khusus untuk mengoptimalkan performa situs di halaman hasil pencarian search engine search engine populer. Semakin sering halamanhalaman situs Anda muncul di hasil pencarian berbagai search engine, maka semakin besar pula kemungkinan pengunjung datang ke situs Anda. Mengingat halaman hasil pencarian bisa mencapai puluhan hingga ribuan halaman, maka semakin tinggi posisi situs Anda di urutan hasil pencarian berarti semakin tinggi pula probabilitas situs Anda ditemukan orang.

Apa yang harus Anda lakukan agar situs Anda menjadi optimal dan mudah ditemukan orang di berbagai search engine ? Ada dua aspek, pertama adalah mengoptimalkan konten situs Anda (optimasi secara internal/on-page), kedua mengoptimalkan popularitas situs Anda (optimasi secara eksternal/off-page).

Optimasi secara Internal
Optimasi secara internal adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas halaman-halaman web Anda. Untuk meningkatkan kuantitas, selalu update artikel atau posting situs Anda. Semakin banyak posting, semakin tinggi pula probabilitas halaman web Anda diindeks oleh mesin pencari untuk kemudian ditampilkan di halaman hasil pencarian.
Untuk meningkatkan kualitas halaman web Anda di search engine, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan:
Optimasi Domain Name dan Nama Blog Secara alami, domain name yang Anda gunakan sangat menentukan posisi Anda di halaman hasil pencarian search engine. Gunakan nama yang mewakili kata kunci unggulan Anda (disebut keyword). Demikian juga untuk memilih nama blog, gunakan keyword yang mewakili isi blog Anda agar dapat menunjang performa blog Anda di search engine.

Optimasi Title dan Meta Tag
Bagian HEAD pada dokumen HTML halaman web berisi tag TITLE yang digunakan untuk memberi judul halaman web, dan beberapa tag META yang berisi informasi mengenai halaman web tersebut (tidak ditampilkan secarab langsung di web browser). Untuk mengoptimasi kedua bagian tersebut, dibutuhkan sedikit pemahaman tentang HTML, kecuali jika Anda menggunakan CMS atau blog engine tertentu yang memungkinkan optimasi Title dan Meta Tag bisa dilakukan secara praktis. Jika Anda menggunakan
CMS atau blog engine tertentu, maka temukan fitur atau plugin SEO untuk CMS atau blog engine Anda. Misalnya untuk mengoptimalkan halaman web di blog engine
WordPress, gunakan plugin SEO semacam All In One SEO Pack Berikut beberapa tip untuk mengoptimalkan Title halaman web Anda:

• Selalu ingat, TITLE memiliki kontribusi yang sangat besar pada urutan hasil pencarian search engine. Jangan biarkan situs Anda tanpa TITLE yang memadai.

• Usahakan TITLE Anda ringkas namun mampu mencerminkan isi halaman web Anda. Pilih kata-kata paling penting pada isi halaman web Anda, lalu susun menjadi kalimat yang informatif dan atraktif.

• Buat TITLE yang search engine friendly. Usahakan total panjang TITLE Anda maksimal 60 karakter, karena jika terlalu panjang search engine hanya akan menyerap 60 karakter awal dan mengabaikan
sisanya. Adapun untuk optimasi Meta Tag, silakan
coba tip-tip berikut:

• META description : untuk mendeskripsikan isi halaman web. Bagian ini akan ditampilkan search engine bersama TITLE pada halaman hasil pencarian. Search engine saat ini lebih memperhatikan kesesuaian antara TITLE, META, dan seluruh informasi di dalam halaman web Anda. Jadi, isikan deskripsi tag META dengan teks atau kalimat yang sesuai dengan isi halaman atau posting Anda. Usahakan panjang META ini search engine friendly, antara 120 karakter hingga 150 karakter saja. Mengapa ? karena hanya sepanjang karakter inilah informasi yang akan ditampilkan di halaman hasil pencarian.

• META keywords : untuk menyebutkan sejumlah kata kunci yang berkaitan dengan isi halaman atau posting Anda. Setiap keyword yang disebutkan dipisahkan dengan tanda koma. Sekarang search engine sudah tidak mengindeks teks yang ada di META keywords. Anda tetap dapat menggunakannya dan akan
sedikit membantu jika memakainya secara tepat. Usahakan META keywords hanya mengandung kata yang memang tampil di halaman atau posting Anda (bagian teks yang terbaca di browser). Batasi panjang maksimal teks keywords sekitar 800 karakter-an dan jangan ulang pencantuman sebuah kata yang sama.

• META lain (misalnya META author dan META copyright), tidak banyak membantu posisi Anda di search engine. Penggunaannya optional sesuai kebutuhan, misalnya META author dan copyright bisa Anda prioritaskan jika ingin menyatakan secara eksplisit bahwa halaman web tersebut adalah karya cipta Anda.

Optimasi Body dan Konten

BODY adalah isi tampilan halaman web Anda. Apa yang ada di dalam bagian BODY dokumen HTML Anda akan ditampilkan di web browser. Di bagian inilah dewasa ini search engine memfokuskan perhatiannya.
• Judul posting : pada berbagai CMS, judul posting biasanya akan menjadi salah satu komponen TITLE yang ditampilkan di web browser. Buat judul yang ringkas, atraktif, dan mewakili isi posting Anda.

• Heading : merupakan tag HTML untuk menulis elemen judul, sub judul, dan sub-sub selanjutnya pada materi halaman web. Susunannya : <h1>baris judul</h1>, <h2>sub judul</h2>, dan seterusnya. Tag heading adalah bagian yang paling dilirik search engine setelah tag TITLE. Biasakan menulis sub judul di posting menggunakan tag heading, jangan hanya memberi efek cetak tebal atau menggunakan
huruf ukuran besar saja. Meskipun secara visual tampak sama di browser, sebaris kata yang diberi tag heading dan sebaris kata yang diperbesar ukuran fontnya memiliki kualitas yang berbeda.

• Teks Artikel : seluruh materi tulisan Anda diindeks search engine, namun bernilai lebih rendah dibanding TITLE dan Heading. Agar optimal, maka isi posting Anda harus sesuai dengan judul posting dan tema blog Anda. Kombinasi inilah yang membuat performa sebuah halaman web lebih optimal di search engine. Teks artikel juga bisa Anda beri nilai tambah dengan memberikan efek cetak tebal, cetak miring, atau blockquote. Search engine akan menganggap teks yang Anda beri efek cetak ini lebih penting dibanding teks normal tanpa pemformatan lain yang ada di posting.

• Jangan mengecoh search engine dengan menyisipkan sekelompok keyword dalam ukuran font terkecil atau dalam warna yang sama dengan latar halaman blog Anda. Tindakan ini termasuk kategori spamdexing. Situs Anda bisa dihapus dari database search engine.

Optimasi Link
Link yang menghubungkan antar halaman web memiliki poin tersendiri. Link dan teksteks yang menyertai link Anda juga menjadi perhatian search engine.

• Tulis kata atau kalimat yang mencerminkan isi dan maksud link. Sebaris teks
“koleksi bunga mawar terbaru” yang diberi link jauh lebih berkualitas dibanding sebaris teks “silakan klik di sini” yang diberi link atau sebuah gambar bunga mawar yang diberi link.

• Tambahkan atribut TITLE pada kode HTML pembuatan sebuah link.

• Coba hitung jumlah link di halaman web Anda. Batasi jumlah total link, jika memungkinkan jangan sampai melewati 100 link, semakin sedikit semakin baik. Search engine menganggap nilai link yang
berasal dari sebuah halaman dengan total link di bawah 50 lebih berkualitas dibanding yang berasal dari halaman dengan total link di atas 100.

Optimasi Gambar
Search engine hanya mengindeks teks. Gambar dan objek non teks lain tidak akan diindeks. Teks yang tertulis di dalam gambar pun tidak akan terbaca oleh search engine. Jadi, meskipun gambar banner dan gambar lain akan membuat situs Anda cantik, namun ini sama sekali tidak akan membantu Anda di search engine. Lantas, bagaimana jika situs Anda merupakan blog foto atau lebih mengandalkan posting gambar ? Jika demikian, sebaiknya siasati dengan cara sebagai berikut :

• Sisipkan atribut ALT pada kode HTML penyisipan gambar Anda.

• Sebagian besar search engine menyediakan fitur pencarian gambar. Agar tampil optimal di halaman hasil pencarian gambar, sebaiknya gambar Anda berukuran di atas 400 x 300 piksel.

• Tambahkan sedikit keterangan gambar
sesuai keyword Anda.

• Berikan nama file pada gambar Anda sesuai keyword yang Anda targetkan. Jangan biarkan gambar bernama file scan001.jpg atau 12-10-2009-001.jpg.

Optimasi secara External
Jika situs telah online beberapa saat dan tampaknya belum ada tanda-tanda kunjungan yang bersumber dari referensi halaman hasil pencarian search engine, maka ada beberapa upaya yang bisa Anda lakukan: Mendaftarkan Diri ke Search Engine agar cepat dikenali search engine, daftarkan URL Anda ke beberapa search engine populer. Caranya bisa Anda lakukan secara manual maupun menggunakan tool submitter. Pendaftaran secara manual cukup mudah. Anda tinggal mengetikkan alamat pendaftaran URL search engine yang Anda inginkan, lalu isikan URL/alamat utama situs Anda di kotak yang tersedia. Berikut beberapa alamat pendaftaran URL di search engine populer:

• Google : http://www.google.com/addurl/
• Yahoo! : http://search.yahoo.com/info/submit.html
• Bing (MSN) : http://www.bing.com/docs/submit.aspx

Untuk mendaftarkan diri secara otomatis ke berbagai search engine sekaligus, Anda cukup mengakses alamat situs penyedia tool submitter. Isikan URL situs Anda dan jalankan tool, maka submitter akan menampilkan proses pendaftaran URL Anda ke beberapa search engine. Tool submitter onlin untuk mendaftarkan URL secara otomatis antara lain :

• SubmitExpress: http://www.submitexpress.com
• ScrubTheWeb: http://www.scrubtheweb.com/addurl.html

Catatan: beberapa search engine populer tidak menyukai keberadaan tool submitter. Lakukan pendaftaran URL secara manual ke search engine terbaik semacam Google, Yahoo!,
dan Bing.

Adapun tool submitter bisa Anda pakai untuk mendaftarkan URL Anda ke search engine alternatif.
Mendaftarkan Situs ke Direktori Web Cara paling populer untuk mendapatkan link berkualitas
adalah dengan mendaftarkan situs ke layanan direktori web. Direktori web adalah layanan katalog alamat internet yang digolong-golongkan berdasarkan kriteria tertentu. Sebagian besar layanan direktori web disediakan secara gratis. Berikut alamat beberapa direktori web untuk mempopulerkan
situs Anda :

• http://dmoz.org
• http://lii.org
• http://www.aboutus.org
• http://botw.org
• http://www.joeant.com

Bertukar Link
Aktivitas mutual yang sering dilakukan para blogger adalah saling bertukar link. Meskipun bobotnya tidak sebagus link satu arah, Anda bisa memakai cara ini untuk menggaet pengunjung baru. Berpromosi di Social Media Kini hadir beragam layanan web berbasis sosial yang memungkinkan para pengunjung untuk dapat saling berinteraksi dan bersosialisasi.

Contohnya Facebook (Social Networking), Twitter (Micro Blogging), serta Digg (Social Bookmarking). Selain untuk bersosialisasi di internet, Anda bisa memakai layanan-layanan ini sebagai media promosi efektif. Media Promosi Alternatif Selain media promosi seperti di atas, ada layanan lain yang bisa Anda gali potensinya menjadi media promosi gratis. Di antaranya email, milis, forum, dan chatting. Prinsipnya ikuti perkembangan dan lihat peluang yang ada!
Share on :

2 comments:

  1. Search engine menganggap nilai link yang
    berasal dari sebuah halaman dengan total link di bawah 50 lebih berkualitas dibanding yang berasal dari halaman dengan total link di atas 100

    maksudnya link gimana Ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terimakasih telah berkomentar disini ..
      Yang dimaksud Link adalah ,, Link yang ada di blog homepage, Contohnya yang ada di blog saya, di kanan sidebar atas ada Link friends yang masing-masign menguhubungkan ke link blog lain.
      nah itu yang dimaksud dengan link onpage .

      Delete